Wilayah III Cirebon Zona Biru, Kecuali Indramayu

Wilayah III Cirebon Zona Biru, Kecuali Indramayu

CIREBONGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengumumkan status kewaspadaan corona virus disease (covid-19). Ciayumajakuning bertahan di zona biru, kecuali Kabupaten Indramayu.

Disebutkan gubernur, selama dua pekan terakhir ada tiga wilayah yakni, Kabupaten Bandung, Subang dan Cimahi membaik dari zona kuning ke zona biru. Namun, ada satu wilayah zona biru yakni Garut yang turun ke zona kuning.

Baca Juga:

Akhirnya, Kota Cirebon Zero Kasus Positif Covid-19

PSBB Proporsional, Kabupaten Cirebon Tunggu Arahan

Total zona biru naik menjadi dari 15 menjadi 17 wilayah. Dan total zona kuning turun dari 12 menjadi 10 wilayah. “Wilayah Bodebek masih kuning dan Bandung Raya, tinggal Kota Bandung yang masih kuning,” kata Kang Emil.

Untuk daerah zona kuning, Kang Emil mengarahkan agar maksimal menggempur desa/kelurahan yang masih tinggi tingkat penularannya selama dua minggu ke depan. “Semoga secepatnya ada yang menjadi zona hijau,” ucap dia.

Kang Emil juga mengungkapkan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proposional dilanjutkan hingga 26 Juni 2020 untuk daerah di luar kawasan Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi).

“Khusus untuk Bodebek, karena dari awal sudah diinstruksikan agar satu frekuensi dengan DKI Jakarta, maka PSBB proporsional di Bodebek disamakan dengan jadwal Jakarta, yaitu 2 Juli 2020,” kata dia, dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (12/6/20).

Angka reproduksi (Rt) Covid-19 di Jabar terbilang terkendali karena konsisten berada di bawah 1, meski dinamis. Sempat berada di angka 0,68 dan 0,72, saat ini Rt Jabar berada di angka 0,82. Maka itu, ia meminta kepala daerah di Jabar untuk mengetatkan pengawasan.

\"Banyak perubahan status kewaspadaan yang naik, tetapi juga lampu kuning, karena angka reproduksi walau di bawah angka 1, ada kecenderungan naik dan harus diwaspadai,\" imbuhnya.

Berikut zona biru di wilayah III Cirebon; Kabupaten Cirebon dengan nilai 7, Kabupaten Majalengka nilai 6, Kabupaten Kuningan nilai 6, Kota Cirebon nilai 6. Sedangkan Kabupaten Indramayu masih zona kuning dengan nilai 5.  (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: